HOME | Tutorial | Tips | Info | Download | Lain-lain

Kamis, 17 November 2011

Tips Vokal

Berikut ini adalah tips-tips dasar buat kamu-kamu yang ingin melatih kemampuan vokal  :

1. Akurasi Nada
Latihan ini dapat dilakukan dengan bantuan gitar, piano atau alat musik lainnya. Misal jika menggunakan gitar, petik satu senar/nada lalu ikuti dengan vokalmu. Tirulah nada gitar tersebut seakurat mungkin dengan suaramu. Lanjutkan latihan dengan nada-nada lain. Latihan ini berguna untuk melatif kepekaan terhadap nada, dan akurasi nada yang dinyanyikan. Berlatihlah secara rutin dan berulang-ulang.




2. Artikulasi
Artikulasi berkaitan dengan bahasa yang digunakan pada lagu tersebut. Ini berpengaruh terhadap pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah lagu.Penekanannya ada dua yaitu:
Huruf vokal terdiri dari huruf A, I, U , E, O.Kuncinya adalah , setiap huruf "harus" diucapkan dengan benar, huruf A harus benar-benar berbunyi A, bukalah mulut lebar-lebar. Huruf I jangan diucapkan miring (menjadi seperti E), harus benar-benar I.dan seterusnya.
Huruf Konsonan/mati
Huruf konsonan adalah huruf selain A,I,U,E dan O. Ucapkan huruf ini dengan baik. Perhatikan pada huruf B, P, D dan T, jangan melakukan penekanan yang berlebihan pada ketiga huruf ini, karena jika terlalu berlebihan akan menimbulkan plossive. Artikulasi yang buruk akan membuat suara vokal "sangat jelek".  Kalau kamu-kamu tidak percaya,  Siapkan perekam, menyanyilah ala kadarnya dan rekam suaramu. Terus menyanyilah dengan artikulasi yang baik dan rekam lagi. Bandingkan keduanya.....!


3. Pernafasan
Pernafasan ada dua yaitu pernapasan perut dan diafragma. Pada pernapasan perut, ronga perut berfungsi untuk menyimpan udara, sedangkan pernapasan diafragma menggunakan rongga dada untuk menyimpan udara. Dalam bernyanyi dan memainkan alat musik tiup dianjurkan untuk menggunakan pernapasan diafragma ini. Dengan menggunakan pernafasan diafragma, penggunaan udara/napas lebih efektif dalam membantu produksi suara. Latihlah pernapasan ini, dengan cara menarik nafas dengan mengisi rongga dada, bukan perut. Lalu buang/keluarkan nafas anda perlahan-lahan. Lakukan latihan ini bersamaan dengan latihan huruf vokal A. I, U, E, O.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar